Selamat Datang Di Blog KSEI Iqtishad Institute
Maaf Tulisan Di Blog ini Tidak Bisa Di Copy, Untuk Menjaga Keaslihan dan Hak Cipta Organisasi. Apabila Ada Postingan (Artikel atau Sejenisnya) di Dalam Blog ini Yang Diperlukan, Silahkan Hubungin Kami Melalui Email : kseiiainimambonjolpadang@gmail.com


Sabtu, 06 Oktober 2012

Regulator Diminta Lebih Berpihak ke Industri Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keberpihakan regulator secara pribadi untuk mengembangkan industri syariah sudah mulai terlihat. Itu merupakan pesan yang sangat baik bagi masyarakat.

Ketua Dewan Kehormatan Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo), A Riawan Amin, mengatakan keberpihakan tersebut terlihat dari cukup banyak pejabat yang menjadi regulator bersedia menjadi fungsionaris organisasi syariah seperti Masyarakat Ekonomi Syariah.

"Namun keberpihakan individual tersebut kurang manfaatnya bila tidak tercermin dalam policy institusional," ujar Riawan kepada Republika, Jumat (5/7).
Sebagai institusi, regulator baru pada tataran normatif, yaitu berupa memenuhi kewajiban standar dalam melengkapi regulasi, ditambah mendorong aspek pencitraan melalui acara seremonial dan konferensi.

Regulator sebagai lembaga yang memiliki kekuatan penting ini bisa berbuat lebih dari yang saat ini dilakukan. Misalnya seperti menerapkan dual banking system.

Bila dibandingkan, outlet bank syariah hanya sekitaran 1.500 sedangkan bank konvensional jumlahnya puluhan ribu. Seandainya regulasi mau mendorong dual banking ini di perbankan syariah, kemungkinan pertumbuhan pesat industri syariah tidak perlu diragukan lagi.

Riawan menambahkan, regulator seharusnya bisa mendongkrak skala keuangan agar pricing lebih efisian. Misalnya share infrastruktur dengan induk atau sesama bank syariah, atau memasukkan target syariah ke dalam bank induk.
"Banyak terobosan keberpihakan yang bisa dibuat jika ada cukup pemahaman, kemauan, dan keberanian," ujar Riawan.

Redaktur: Fernan Rahadi
Reporter: Friska Yolandha

0 komentar:

Posting Komentar

Kami Mengucapkan Terimakasih Kepada Anda Yang Telah Membaca Tulisan di Blog ini. Kami Minta Maaf Karena Tulisan di Blog KSEI Iqtishad Institute Tidak Bisa di Copy-Paste Untuk Menjaga Keaslian dan Hak Cipta Organisasi.