Selamat Datang Di Blog KSEI Iqtishad Institute
Maaf Tulisan Di Blog ini Tidak Bisa Di Copy, Untuk Menjaga Keaslihan dan Hak Cipta Organisasi. Apabila Ada Postingan (Artikel atau Sejenisnya) di Dalam Blog ini Yang Diperlukan, Silahkan Hubungin Kami Melalui Email : kseiiainimambonjolpadang@gmail.com


Rabu, 03 Oktober 2012

BPK: Kerugian Negara Semester I capai Rp12,48 T

JAKARTA - Selama semester I-2012 Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI telah mengungkap sebanyak 13.105 kasus. Dari sejumlah kasus tersebut, BPK menemukan penyimpangan mencapai Rp12,48 triliun.

Dari 13.105 kasus tersebut, sebanyak 3.976 kasus senilai Rp8,92 triliun merupakan temuan ketidakpatuhan yang mengakibatkan kerugian, potensi kerugian, dan kekurangan penerimaan. Sisanya, sebanyak 9.129 kasus senilai Rp3,55 triliun merupakan kasus penyimpangan administrasi, ketidakhematan, ketidakefisienan, dan kelemahan Sistem Pengendalian Intern (SPI).

"Selama proses pemeriksaan, entitas yang diperiksa telah menindaklanjuti temuan ketidakpatuhan yangvmengakibatkan kerugian, potensi kerugian, dan kekurangan penerimaan dengan penyetoran uang kas negara/daerah/perusahaan atau penyerahan aset senilai Rp311,34 miliar," kata Ketua BPK Hadi Poernomo, saat menyampaikan sambutan kepada anggota DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (2/10/2012).

Hadi menuturkan, selama semester I-2012 ini, BPK telah memeriksa 622 objek pemeriksaan, yang terdiri atas 527 objek keuangan, 14 objek pemeriksaan kinerja, dan 81 objek Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT).

"Hasil pemeriksaan BPK pada semester I-2012 yang sebagian besar memuat hasil pemeriksaan atas laporan keuangan mengungkapkan secara umum kualitas penyajian keuangan yang telah meningkat," tuturnya.

Selain itu, BPK memberikan penghargaan kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah, serta BUMN/BUMD/lembaga atau badan lainnya yang yelah bekerja keras memperbaiki kualitas laporan keuangan. "Perbaikan tersebut hendaknya terus diingkatkan guna mewujudkan sistem pengelolaan keuangan megara yang transparan dan akuntabel," imbuhnya. (mrt)

0 komentar:

Posting Komentar

Kami Mengucapkan Terimakasih Kepada Anda Yang Telah Membaca Tulisan di Blog ini. Kami Minta Maaf Karena Tulisan di Blog KSEI Iqtishad Institute Tidak Bisa di Copy-Paste Untuk Menjaga Keaslian dan Hak Cipta Organisasi.