Selamat Datang Di Blog KSEI Iqtishad Institute
Maaf Tulisan Di Blog ini Tidak Bisa Di Copy, Untuk Menjaga Keaslihan dan Hak Cipta Organisasi. Apabila Ada Postingan (Artikel atau Sejenisnya) di Dalam Blog ini Yang Diperlukan, Silahkan Hubungin Kami Melalui Email : kseiiainimambonjolpadang@gmail.com


Senin, 24 Desember 2012

Investasi dalam Bentuk Dinar & Dirham

Saya kemarin membaca di sebuah tabloid, bahwa investasi dalam bentuk Dinar atau Dirham salah satu pilihan investasi yang perlu dipertimbangkan. Mohon diberikan paparan tentang investasi ini dan bagaimana cara dan di mana saja Dinar ini bisa di beli.

Terima kasih.

Manurung Bosan
gosen.manurung@yahoo.com

Jawaban:

Yang dimaksud Dinar adalah koin emas seberat 4,25 gram yang memiliki kadar 24 karat atau 99,99 persen fineness. Dinar dan Dirham adalah mata uang yang stabil sepanjang zaman, dan merupakan alat tukar yang sempurna karena nilai tukarnya terbawa (inhern) oleh mata uang Dinar atau Dirham itu sendiri.

Hanya uang emas (Dinar) dan perak (Dirham) yang bisa menjalankan fungsi alat tukar (medium of exchange), fungsi satuan pembukuan (unit of account) dan fungsi penyimpanan nilai (store of value) secara sekaligus.

Apabila diukur dari sisi penyimpan nilai (store of value), secara statistik Dinar dan Dirham cenderung stabil dan tidak tergerus oleh inflasi, bahkan dalam jangka panjang nilainya cenderung naik.

Oleh karena itu, dari sisi store of value atau untuk melindungi dana kita dari gerusan inflasi, investasi/menyimpan dalam Dinar dan Dirham merupakan pilihan yang tepat. Keuntungan dari investasi dalam Dinar dan Dirham adalah berasal dari kenaikan harga Dinar dan Dirham di pasar.

Namun, menaruh dana pada Dinar dan Dirham saja juga bukan tindakan yang tepat, sebab prinsip uang dalam Islam adalah harus berputar (flow concept), atau harus diproduktifkan dalam sektor riil, sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi perekonomian.

Saat ini di Indonesia hanya PT Antam yang mampu memurnikan emas mencapai 99,99 persen yang telah memperoleh pengakuan di dunia internasional. Dinar dan Dirham saat ini sangat mudah diperoleh di gerai-gerai Dinar dan Dirham yang bekerja sama dengan PT Antam.

0 komentar:

Posting Komentar

Kami Mengucapkan Terimakasih Kepada Anda Yang Telah Membaca Tulisan di Blog ini. Kami Minta Maaf Karena Tulisan di Blog KSEI Iqtishad Institute Tidak Bisa di Copy-Paste Untuk Menjaga Keaslian dan Hak Cipta Organisasi.